Friday, October 15, 2010

Masa Depan Indonesia Tanpa Korupsi

Korupsi. Siapa yang tidak tahu makna dari korupsi? Pastinya banyak yang memaknai korupsi itu adalah kecurangan dalam suatu organisasi. Maka dari itu, saya pertama-tama akan menjelaskan arti dan asal dari kata korupsi. Korupsi (bahasa Latincorruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus/politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Korupsi dapat kita temui dimana-mana. Tidak hanya pejabat dan orang kantoran saja yang bisa korupsi, ternyata masyarakat ekonomi lemah pun banyak yang korupsi juga. Tetapi, hukuman untuk koruptor belum sangat transparan di Indonesia. Masih banyak koruptor yang bersembunyi dengan menyogok jaksa atau pengadilan. 

Apakah kamu tahu apa saja dampak negatif dari adanya korupsi di Indonesia? Banyak sekali dampak negatifnya ternyata. Karena koruptor 'memakan' uang rakyat, banyak rakyat yang mengalami kemiskinan dan kelaparan. Yang seharusnya uang yang 'dimakan' oleh koruptor itu bisa membangun rakyat Indonesia lebih sejahtera, malah membuat rakyat semakin miskin dan kelaparan.

Maka dari itu, perlunya kesadaran anti-korupsi sejak dini di Indonesia sangat membantu untuk meniadakan  koruptor-koruptor di Indonesia. Apabila semua itu dapat terwujud, banyak dampak positif untuk Indonesia. Jauhi korupsi!

0 comments: