Tuesday, November 10, 2009

jaringan sosial

pastinya pada tau kan apa aja jaringan sosial yang lagi nge-trend akhir-akhir ini? dari belahan dunia manapun pasti tau kalo ditanya.boong banget kalo ditanya "ah gak tau saya" atau "emang ada yaa?"..

banyak pertanyaan dibenak saya untuk jaringan-jaringan sosial itu. dari "apa manfaatnya dari itu?" atau "emang harus punya itu?" sampai "seberapa penting itu buat lo (yang punya)?" dan sebagainya..

saya baru tahu kalau ada internet saat saya duduk di bangku kelas 5 SD (sekolah dasar). itu juga masih belum bisa menggunakannya.secara mahir. site-site yang saya tahu juga masih bisa dihitung memakai jari..misalnya aja kita sebut friendster. yayaya mungkin sekarang friendster sudah mulai "ditinggalkan" atau bisa dibilang jarang yang dibuka membernya.. karena apa? karena banyak jaringan sosial yang lain yang lebih menarik.

selain friendster, saya mempunyai beberapa id untuk chatting di yahoo messenger, mirc, dan masih beberapa yang saya lupa.. namanya juga dunia maya. status dan bio saya, saya palsukan. maklum baru kelas 5 SD. masih bau kencur. sedangkan yang lain sudah SMA atau bahkan kuliah..

dan sekarang! wow. amazing. jaringan sosial sudah menjamur layaknya..... jamur (mohon tertawa).. diantaranya yang saya tahu:
> Plurk
> MySpace
> Koprol
> dan sebagainya..

facebook. jaringan sosial ini sepertinya benar-benar membuat dunia "teracuni". mungkin kalau sekarang gak punya muka buku, ah gak gaul lo! (ayo tertawa lagi)..semua orang sepertinya sudah punya. dari anak SD sampai kakek-nenek. keluarga saya-pun punya facebook. banyak manfaat kalau anda mempunyai facebook. mulai dari anda dapat bertemu teman SD, SMP, SMA. maupun anda dapat berwirausaha di facebook. kalau ada positifnya, ada juga negatifnya. jika anda membandingkan, tentunya banyak sekali.. negatif dari jaringan ini, membuka aib sendiri. banyak korban facebook hingga sampai cerai. jadi, manfaatkan saja segi positif dan tinggalkan segi negatifnya ;)

akhir-akhir ini, twitter juga sudah banyak penggunanya. apa bedanya twitter dengan facebook? facebook kita bisa wall-wallan, comment foto, dan lain-lain hanya dalam satu page dan satu site. tapi kalau twitter, itu hanya seperti meng-update status saja bila di facebook. bagi anda yang ingin terus meng-update status anda, saya anjurkan anda memakai twitter.

yah. itu opini saya tentang jaringan sosial masa kini. ambil sisi positifnya, dan jauhi sisi negatifnya. cheers!


0 comments: